Friday, January 15, 2010

DUNIA KITA TIDAK NYATA (pembebasan Diri merubah Tatanan)

“ DUNIA KITA INI TIDAK NYATA”
Pembebasan Diri Merubah Tatanan
(TERHANYUT DUNIA KOSONG)
Oleh Hamba Ar Rahman (hamba.arrahman@yahoo.com)

Nyoto melewati hari-harinya dengan indah, betapa tidak , dia tinggal di sebuah kawasan yang indah di tepi pantai di daerah wisata yang teratur rapih. Segala-galanya tercukupi, memeliki bisnis furniture yang di ekspor ke eropa dan amerika, mobil mewah keluaran 2010, Rumah aristekture mediterania di lahan 5000 m2, yang di selingi tamah2 indah dan kolam ikan, yang luar biasa penataannya. Suatu ketika dia kedatangan teman lamanya waktu kuliah bernama Jiwo. Lama mereka berbicara nostalgia waktu kuliah ngalor ngidul, hingga suatu saat Jiwo bertanya pada Nyoto:
“ To, kamu memang luar biasa, sudah berprestasi sejak dulu dan sukses sekarang..Aku mau Tanya nih..Cuma pertanyaanku agak gak umum..jangan kaget ya..”
“ Ah, Wo, kamu neh aneh-aneh aja sih..emang kamu mau nanya apa??”
“To, Apa menurut kamu semua harta benda dan kekayaan yang kamu miliki saat ini adalah NYATA atau hanya BAYANGAN SEMU yang KOSONG”
“ Aneh kamu Wo, jelas-jelas barang nyata kamu liat semua kan rumah , mobil, tanah , juga bias kamu pegang..kok bias-bisanya kamu bilang gak NYATA alias BAYANGAN SEMU.”
“ Itulah To, masalahnya selama ini aku pun beranggapan begitu. Berpuluh-puluh tahun kita hidup dengan orang, rumah, kendaraan, pohon dan segalam macam benda-benda mengelilingi kita, maka kita sudah menjadi tak pernah berfikir apakah benda-benda disekeliling kita itu NYATA atau tidak NYATA alias BAYANGAN SEMU.”
“ Terus Wo, kenapa kamu menjadi berpikir seperti itu, apa yang buat pikiranmu berubah??”

Begitulah obroalan antara Nyoto dan Jiwo, yang mempermasalahkan apakan semua benda-benda yang kita miliki yang tampak dimata kita di sekeliling itu NYATA atau hanya BANYANGAN SEMU alias KOSONG alias PALSU. Tentu secara spontan kita akan membatah pikiran semacam itu yang nyeleneh gak umum dan hampir tidak ada manusia yang berpikiran seperti itu. Karena kita hidup mulai dari lahir bayi keluar dari rahim ibu, kemudaian menjadi anak-anak di asuh hingga dewasa, sekolah, beermain, melihat keindahan alam, hiruk pikuk manusia, gedung bertingkat menjulang. Itu semua peristiwa yang kita alami dan membentuk fikiran kita bahwa kita hidup di dunia yang nyata. dan fikiriran yang mengatakan bawah DUNIA ini TIDAK NYATA dapat merobah dengan luar biasa sekali pada JIWA kita..
Di Koran di beritakan kasus korupsi 1,3 triliun di bawa kabur ke luar negeri, pembunuhan di terminal hanya karena rebutan uang 5000. Praktek suap sogok untuk masuk jadi PNS sampe 140jt untuk S-1. Itu semua karena dorongan jiwa yang diliputi NAFSU untuk memperoleh kekayaan, NAFSU berkuasa dan paling hebat, NAFSU mengejar kenikmatan hidup. Jadi semua itu NAFSU mengejar kenikmatan dunia. Semua itu dilakukan karena NAFSU dari hamba kenikmatan DUNIA.
Pada titik ini hampir kita semua sudah sering mendengar tentang bahaya kenikmatan DUNIA dari khotbah atau siraman rohani di masjid, tv, atau dari bacaan buku-buku atau Koran dan majalah.. Namun selama ini pula kita memahamai kenikmatan DUNIA itu suatu yang riil benda fisik. Tidak pernah terbersit di pikiran kita untuk mengatakan dan mengakui fakta lain bahwa semua kenikmatan DUNIA itu, benda-benda yang beraneka ragam, manusia dari seluruh penjuru bumi, suara musik yang asyik dan merdu adalah TIDAK NYATA !!! sekali lagi TIDAK NYATA.
Dengan memahami mengakui dan menyakini DUNAI INI TIDAK NYATA, akan merubah membebaskan JIWA dari belenggu tabir ke DUNIA an, dan membuka tabir itu hingga JIWA berhadapan langsung dengan DIA (ALLAH). Dan merubah jalan hidup di DUNIA yang TIDAK NYATA ini semata-mata membawa dan menjalankan MISI DIA (ALLAH) dalam kehidupan berprofesi berkerja bermasyarakat, bernegara berpolik berdagang, memberatas korupsi, kejahatan, penindasan, dari AKARNYA yaitu di JIWA. JIWA lah yang menggerakan AKAL FIKIRAN dan BADAN. Dan menjalani hidup ini bukan membawa dan terjerat oleh ISI DUNIA, yang semua itu adalah benda-benda, kedudukan, situasi kondisi yang TIDAK NYATA alias KOSONG sama seperti sebuah SOFTWARE VIDEO GAME.
Kita lanjutkan lagi percakapan Nyoto dengan Jiwo. “ Oke Wo, sekarang tolong kamu jelaskan ke aku, bagaimana sampe dikatakan DUNIA ITU TIDAK NYATA”….
“ Begini To, selama ini yang kita pahami bahwa yang MELIHAT adalah mata kita. Biasanya di gambarkan bola mata kemuadian di hadapannya ada benda misalnya kursi maka gambar kursi itu masuk ke mata kemudian oleh lensa mata di balik gambarnya di dalam mata, maka kita tahu ada kursi di hadapan kita.. Padahal faktanya adalah kursi itu masuk ke mata SESEORANG berupa gelombang cahaya kemudian masuk kemata dan masuk ke syaraf di belakang mata berupa SINYAL LISTRIK yang kemudian masuk ke OTAK di terjemahkan menjadi kursi. Semua perasaan dan persepsi (bau, penglihatan, rasa) tersusun dari materi yang sama yaitu sinyal listrik . Jadi gambar yang SESEORANG tadi lihat adalah gambar kursi di dalam OTAK dia bukan di luar matanya. Tapi kenyataan bila otak ORANG tersebut di buka , tidak akan mendapatkan gambar kursi di dalamnya. Adanya suatu BENTUK KESADARAN dalam pikiran itulah yang menangkap sinyal-sinyal listrik itu menjadi gambar kursi. Otak menangkap dan merasakan sinyal-sinyal listrik tadi dalam bentuk kursi, padahal otak tidak memiliki mata, dan retina tapi hanya sel-sel otak. Lalu siapakan SEBUAH KESADARAN YANG MELIHAT benda kursi tadi???




Kenyataannya adalah SESEORANG tak pernah melihat wujud kursi tadi. Mesikipun dia pikir sedang melihat kursi itu. Tapi otaknya lah yang menangkap sensasi yang diliatnya tersebut.. Siapakah yang tidak memiliki mata, namun meliat kursi di dalam otak itu. Apa yang SEORANG anggap sebagai “KEHIDUPANKU” adalah sebuah koleksi dari semua persepsi yang digabungkan dengan suatu cara yang penuh arti dan dilihat dari sebuah layar di dalam otak, dan seseorang tidak akan pernah keluar dari dalam otak. Seseorang tidak pernah tahu wujud asli dari dunia materiil di luar otak nya. Karena tidak ada seorang pun yang bisa bergerak keluar dari persepsi di dalam otaknya. Sehingga seseorang tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di luar persepsinya. Dengan kata lain semua kejadian dan peristiwa kehidupan seseorang terjadi di dalam persepsi otaknya, dan alam materi menjadi TIDAK NYATA.
Lalu siapakah SEBUAH KESADARAN yang merasakan persepsi-persepsi itu di dalam otak. Yang melihat tanpa mata merasakan benda tanpa sentuhan, mendengar tanpa telinga, yang menyadari adanya persepsi diri yang bernama AKU. Agamalah yang hanya dapat mejelaskan dengan tepat tanpa kerancuan dengan materi, yaitu RUH.
Lalu siapakan WUJUD yang memperlihatkan pemandangan-pemandangan kepada ruh kita, dengan segala kenyataan dan kejernihannya. Dan memberikan kita kesempatan untuk menjalani hidup dengan segala persepesi yang terus menerus tiada hentinya. WUJUD yang memperlihatkan pemandangan ke pada ruh kita, dan menciptakan segala macam cita rasa, bau-bauan dan kesenangan adalah Sang Maha Pencipta ALLAH.
NOTE: Untuk pendalaman lebih lanjut tentang DUNIA MATERI YANG TIDAK NYATA ini dapat membaca tulisan HARUN YAHYA: DUNIA DI DALAM OTAK KITA (HAKEKAT ALAM MATERI)
Nyoto begitu terkesima dengan penuturan panjang Jiwo. Hingga kemuadian berkata “ Wah, luarbiasa penjelasanmu Wo, baru kali ini aku dengan uraian yang seperti itu bahwa DUNIA KITA INI TIDAK NYATA. Maka yang ada saat ini adalah kesadaran AKU (ruh) yang berhadapan langsung dengan sang pencipta ALLAH, di selimuti DIA, sedangkan apapun siapapun di luar diriku atau kehidupan DUNIA ini TIDAK NYATA seperti GAME (semisal mimpi) yang disuruh kita memainkan gitu Wo”. “Wah , ternyata kesimpulan mu juga luar biasa sekali To”.
Dengan memahami bahwa DUNIA ini TIDAK NYATA, membawa kesadaran sesorang bahwa pada SAAT INI di kehidupan DUNIA yang TIDAK NYATA ini, yang ada hanyalah AKU dan DIA (ALLAH). Segala suatu di luar aku adalah BENDA-BENDA KEHIUPAN MAYA, untuk menguji AKU, dan diberikan MISI oleh DIA (ALLAH) untuk dijalankan.
Inilah juga pemaknaan dari kalimat tauhid LA ILAAHA ILLA ALLAH. TIDAK ADA DUNIA YANG ADA HANYA ALLAH. Jadi terbukalah Tabir dunia yang manutupi mata bathin kita dari DIA (ALLAH). DUNIA YANG TIDAK NYATA (alias KOSONG TIDAK BERHARGA) inilah yang menjadi ILLAH yang menyelewengkan penghambaan diri kita kepada DIA (ALLAH).
Seorang menjadi sadar bahwa di kehidupan DUNIA YANG TIDAK NYATA ini, HANYALAH ADA DIRINYA SEORANG, tiada siapapun, berhadapan dan berurusan langsung dengan ALLAH yang mengujinya dalam VIRTUAL REALITY/GAME DUNIA. Seseorang (AKU) itu pun nanti di DIBANGKITKAN SENDIRI, DIMINTAI PERTANGGUNG JAWABANNYA SENDIRI..atas GAME DUNIA yang dimainkannya.
Pemanahaman akan DUNIA YANG TIDAK NYATA, hingga si AKU sadar HANYA ADA AKU DAN ALLAH saat ini, berhadapan dan berurusan langsung denga DIA (ALLAH)..semua kehidupan dunia yang tidak nyata (KOSONG, tidak Berharga) sekaligus menghayutkan, adalah untuk menguji si AKU. Hal ini menjadi OBAT YANG MUJARAB yang mengobati JIWA atau SI AKU, mencabut SUMBER PENYAKIT hingga AKAR-AKARNYA yang terdalam, YAITU terhanyutkan dan tertipu oleh kehidupan DUNIA YANG TIDAK NYATA (alias KOSONG dan TIDAK BERHARGA). Dengan sendirinyalah maka si AKU tidak mau melakukan kebodohan, merusak , menindas, serakah, jahat, benci, dengki, bangga dengan harta kekayaan, sombong denan kekuasaan yang akhirnya si AKU tahu bahwa semua itu adalah kenyataan semu (virtual reality), yang kosong, yang menjadi batu sandungan atau bahaya-bahaya, rintangan yang menghadang yang dapat menghacurkan MISI si AKu di dalama GAME DUNIA ini.

No comments:

Post a Comment